Profil

Profil


Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat, dengan misi mengabdi pada ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membangun bangsa (lihat website ITB: https://itb.ac.id/).

Pusat Perubahan Iklim (PPI) merupakan salah satu pusat di ITB yang didirikan pada tahun 2011 (lihat portal kami di https://ccc.itb.ac.id). PPI-ITB bertanggung jawab untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang ilmiah dasar, mitigasi, dan adaptasi perubahan iklim di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Pendiriannya diresmikan dengan Keputusan Rektor ITB No. 267/SK/K01/OT/2010 , yang Statutanya berdasarkan Peraturan Pemerintah Indonesia No. 65 Tahun 2013.

Visi PPI-ITB adalah menjadi pusat dan terdepan dalam bidang perubahan iklim dan mampu memberikan solusi mitigasi dan adaptasi, melalui pendekatan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebijakan, untuk mengembangkan tata kelola dan pendanaan perubahan iklim yang terintegrasi.

Kontribusi Pusat terhadap lanskap kebijakan iklim Indonesia antara lain, Peta Jalan Sektoral Perubahan Iklim Indonesia (ICCSR) yang diberikan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui kerjasama dengan GIZ; sebelumnya GTZ), Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API) yang dipimpin oleh Bappenas, didukung oleh Asian Development Bank (ADB) pada tahun 2012-2014, dilanjutkan dengan review RAN-API, didukung oleh USAID, JICA, dan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang pada 2017-2018. Selain itu, PPI-ITB bekerja sama dengan JICA dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang dalam menyusun pedoman integrasi adaptasi ke dalam perencanaan tata ruang tahun 2014-2015 dan 2020-2023. PPI-ITB juga berkontribusi pada Penilaian Sumber Daya Air Terpadu terhadap perencanaan pasokan air regional di Indonesia, yang didukung oleh Bank Dunia pada tahun 2018.

PPI-ITB juga mendukung kebijakan berkelanjutan di bidang energi melalui kerja sama dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PPI-ITB berkontribusi dalam mengintegrasikan penilaian risiko dan adaptasi perubahan iklim dalam pedoman HSSE PT. Pertamina pada tahun 2023. PPI-ITB juga menjalin kerjasama dengan PT. PLN tahun 2023-2024 dalam mengembangkan sektor energi dengan mempertimbangkan perubahan iklim.

Dalam mendukung kebijakan di bidang kesehatan, PPI-ITB berkontribusi dalam Kajian Risiko dan Kerentanan Perubahan Iklim (KRAPI) Bidang Kesehatan tahun 2022-2023 dengan dukungan UNICEF dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pada tahun 2023-2024, UNICEF juga bekerjasama dengan PPI-ITB dalam penelitian mengenai dampak perubahan iklim terhadap Kesehatan Lingkungan Anak.

PPI-ITB memiliki pengalaman luas bekerja dengan Organisasi Internasional lainnya dalam mitigasi dan/atau adaptasi perubahan iklim, seperti Kementerian Pertanian dan Perikanan Republik Timor Leste, didukung oleh UNDP-Timor Leste dan GEF pada tahun 2017; Kementerian Lingkungan Hidup Jepang pada tahun 2021; Universitas Duisburg-Essen, Jerman pada tahun 2019-2020; DIW – Institut Penelitian Ekonomi Jerman (proyek penelitian kolaboratif SNAPFI) pada tahun 2019-2023, dan Universitas Durham pada tahun 2022-2024).

Selain itu, PPI-ITB juga berpengalaman dalam memberikan pelatihan, yaitu pelatihan adaptasi perubahan iklim untuk masyarakat yang bekerja sama dengan USAID dan Universitas Hawaii pada tahun 2016, pelatihan adaptasi perubahan iklim untuk staf World Research Institute dan mitranya pada tahun 2022, dan pelatihan membangun ketahanan air bagi perwakilan pemerintah provinsi yang difasilitasi oleh USAID IUWASH Tangguh pada tahun 2023.

Climate Change Center © 2021. All Rights Reserved.

id_IDBahasa Indonesia